E-Marketing
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi.
Aplikasi
teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan
komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat
memanfatkan teknologi komputer. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi. Contohnya
adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain. Sebelumnya saya telah
membahas tentang e-commerce. Dan sekarang saya akan membahas e-marketing.
E - Marketing
E-Marketing adalah sisi
pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui
internet.
Internet Marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk
melakukan marketing suatu produk atau jasa melalui atau
menggunakan media Internet atau
jaringan www.
Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya
kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet
atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun
ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya:
e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang
beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan
mencari uang di
Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan
bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan
merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang
tertentu saja.
Kegiatan
marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan
penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting. Marketing
internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain
web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat
mesin pencari informasi (mesin pencari), surat
elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat
(email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif
(interactive advertising), dll.
Strategi e-marketing
Berikut
adalah beberapa strategi marketing yang biasa di gunakan dalam melakukan
e-marketing :
·
Banner Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan beberapa
ukuran yang di beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia
iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website
anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon
pembeli yang akan membeli produk anda.
·
Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan
tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
·
Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti halnya pada klasifikasi di
surat kabar, klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik untuk
memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda.
Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat
mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam
basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti dihttp://www.ebay.com.
·
Email Marketing (pemasaran melalui email)
Pada email marketing dapat dilakukan
dengan 3 cara, yaitu:
a. Cara pertama, dengan meletakkan
iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika
anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan
pengiklan, semacam banner. Ini adalah caran yang sangat dahsyat untuk mentarget
calon pembeli anda.
b. Cara kedua adalah, dengan secara
langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email
penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang
produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat
melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak
boleh melakukan spam. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email
subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email
subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting
artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan
mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat
menggunakan RSS feed burner.
·
Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi)
Para pengiklan yang menjual
produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan
orang lain dalam penjualan produk. Contoh website yang menerapkan sistem
afiliasi ini adalahhttp://www.amazon.com.
·
Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari)
Hampir semua pengguna internet
mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan
orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka
mencarinya di situs mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan
anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling
dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir
di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk memastikan
bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti
yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda
terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine
Optimization. Contontohnya adalah jika anda mengetikkan kata “Pengusaha
Online” pada google maka blog ini (pengusahaonline.net) akan
menempati urutan pertama. Atau paling tidak berapada pada halaman pertama.
·
Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial)
Beberapa situs social networking
seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda
gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang
mengijinkan menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com,www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com.
Kekurangan
E-marketing
1. Koneksi Internet yang
Mahal.
2. Biaya yang tidak murah.
3. Kurva pembelajaran lama, lebih
banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
4. Awal-awal tahun akan makan banyak
waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.
Kelebihan E-marketing
1.
bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang
penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet.
2.
Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.
3.
Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software
tertentu.
4.
Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak.
5.
Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.
Berikut ini
adalah beberapa contoh web yang menerapkan e-marketing :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar